Telefon Pembunuh: Ternyata hanya Hoax

Posted on 12 May, 2008. Filed under: Gadget, Hoax | Tags: , , , , |

Setelah saya cermati isu tentang “Ring in Red ID Caller”, “Telefon Setan” dan beragam ungkapan lainnya yang mengkaitkan dengan yang katanya ‘angka setan’ iaitu 0866 dan 0666 yang menghantui seluruh warga, saya mencari informasi-informasi tambahan sehingga saya telah seolah-solah menjalankan study about this isue.

Sebelum ini saya berfikir ini adalah isu yang sangat serius sehingga semua orang dilanda keresahan yang membuat panik. Kemudian saya cermati lagi dan saya berfikir, “oh mungkin ini ada unsur persaingan antara sesama operator” atau kampanye hitam yang bertujuan menjatuhkan saingannya. Yang menjadi korban alias di ‘kambing hitam” kan disini adalah Operator baru iaitu AXIS.

Ada yang mengatakan AXIS adalah operator yang mensponsori atau yang disponsori Gereja Setan. Jadi Apa atau siapa yang dinamakan Gereja Setan itu? adakah ini cuma ungkapan untuk menjelekkan saingan?

Berikut saya menjelaskan sedikit tentang Company Operator AXIS ini

Tentang AXIS

AXIS bernaung dibawah dua payung operator raksasa yang berpengalaman iaitu, Saudi Telecom yang berbasis di Arab Saudi dan Maxis Communications Berhad yang berbasis di Malaysia.

Sebelumnya AXIS menggunakan nama lain iaitu NTS (Natrindo Telecom Selular) yang akhirnya di bekukan sementara kerana Frekuensi-nya akan dicabut lantaran tidak digunakan sepenuhnya. Begitulah menurut Detik.Com

Akhirnya setelah bertukar kepada AXIS yang mungkin singakatan dari MAXIS sebuah operator raksasa di Malaysia mereka menginvestasikan dengan nama baru ini.

Berbalik kepada isu diatas, banyak yang mengatakan bahawa AXIS yang yang bertanggung jawab atas semua ini. No. 0866 dan 0666 itu adalah nomor AXIS. Akan tetapi saya menemukan penafian dari pihak AXIS sendiri melalui petikkan berita di OkeZone.Com mengatakan;

“Tidak benar itu. AXIS hanya memiliki nomor depan 0838, kami tidak punya nomor 0866 atau nomor 0666,”

ujar Corporate Communication Natrindo Telepon Seluler, Annita Avianty saat dikonfirmasi okezone melalui telepon selulernya.

“Yang jelas, kami tidak punya nomor tersebut,”

Tegas Annita.

Menurut Annita lagi, media online di Kepri (Kepulauan Riau) yang menyatakan bahwa SMS santet itu berasal dari seorang ABG yang berasal dari Tanjunguban, Bintan Utara. ABG yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengaku bahwa ia hanya iseng mengirimkan SMS yang bernada santet itu.

Radiasi Inframerah

Kembali kepada Tajuk, mengenai Hanphone menjadi merah jika SMS atau telefon itu mungkin pengaruh radiasi. Begitulah pemikiran saya sebelumnya. Bahkan ini di topang dengan kenyataan yang pernah saya baca di sebuah Akhbar harian di daerah Kepri yang berbunyi,

“Mengenai “Ring In Red” yang terjadi dibayak negara, Kepdik “WHO” Prof Dr. Blanca Lochar J.D. telah menyatakan bahwa kejadian demikian dapat dipastikan bukan ilmu hitam. Akan tetapi Radiasi Inframerah yang sengaja dipancarkan secara berlebihan ke Cellphone nomor yang dituju yang memang benar dapat menyebabkan si penerima tewas dalam hitungan detik”

Saya berusaha mencari profile orang yang bernama Prof. Dr. Blanca Lochar J.D. ini sebagai Kepdik WHO. Tapi tidak sedikitpun saya temukan melainkan Prof. Dr. Adi Mok yang menyandang sebagai Kepdik WHO dan membuat kenyataan hampir sama dengan yang diatas. berikut kenyataannya,

tlah menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan ilmu hitam. Tapi radiasi infra merah yang sengaja dipancarkan secara berlebihan ke Cellphone nomor yang dituju, yang memang benar dapat menyebabkan penerima tewas beberapa saat setelah mendengar telpon. Walaupun tidak dijawab, handphone yang terletak dekat juga berbahaya, dapat menimbulkan penyakit perlahan seperti kanker. Sebaiknya kurangi pengaktifan/ pemakaian Hp sampai dinyatakan aman kembali oleh WHO dan hari ini jam 10 pagi diharapkan waspada karena Infra Merah akan disebarkan!!!! ini berita terbang tentang Virus HP, penting untuk dibahas”

Ini membuat saya berfikir adalah ini kenyataan rasmi atau hanya di tokok tambah untuk menimbulkan kepanikkan atau bagaimana?

Saya terus berusaha akhirnya saya menemukan fakta tentang Radiasi Iinframerah.

Handphone tidak memancarkan radiasi infra merah pada saat menerima SMS/telepon. Berdasarkan artikel mengenai Cellular Frequencies, frekuensi handphone adalah pada band 800 Mhz, 1800 Mhz, atau 1900 Mhz, sedangkan gelombang infra merah memiliki frekuensi 300 Ghz – 400 Thz. Ini jelas berbeda jauh. Lagi pula, dalam sebuah handphone yang tidak ada fasilitas komunikasi infra merah, tidak ada alat atau komponen yang dapat memancarkan infra merah. Lalu dari manakah infra merah itu berasal?

Selanjutnya

Ketika Anda mengirim/menerima SMS atau menelepon/ditelepon, handphone memancarkan gelombang elektromagnet agar dapat berkomunikasi dengan pemancar operator terdekat. Dalam jumlah yang berlebihan, radiasi ini berbahaya, namun dalam jumlah kecil, radiasi gelombang elektromagnet tidak berbahaya bagi manusia.

FCC (salah satu lembaga pemerintah AS) menetapkan batas maksimal besarnya radiasi yang diperbolehkan untuk handphone atau telepon genggam. Besarnya radiasi handphone ini dinyatakan dalam SAR (Specific absorption rate). SAR adalah nilai maksimum radiasi yang diserap oleh tubuh per satuan berat. FCC menentukan besarnya SAR untuk handphone adalah maksimal sebesar 1.6 W/kg. Negara-negara di Eropa (European Union) menetapkan besarnya SAR maksimal adalah sebesar 2 W/kg. Handphone/ponsel yang berada di atas batas ini tidak boleh diproduksi dan diperdagangkan di negara tersebut.

Sehingga sekarang penelitian tentang radiasi bahaya yang ada pada handphone masih berjalan dan belum ada kenyataan rasmi tentang hal ini yang boleh dipertangungjawabkan. Walau bagaimanapun kita harus cermati dan mengurangkan kadar pemakaian Handphone yang terlalu lama (WikiPedia).

Jadi kesimpulan dari SMS yang bernada,

“Kalau ada telepon yang NOMOR BERWARNA MERAH dan no HP yang akhirnya 0866 dan 0666 jangan diangkat karena bisa menelan jiwa. Hari ini sudah disiarkan diberita, terjadi di Jakarta dan Duri, Bengkalis dan sudah terbukti. Sekarang masih diusut oleh pihak KEPOLISIAN. Dugaan sementara adalah kasus PEMBUNUHAN JARAK JAUH MELALUI TELEPON GENGGAM (HP) oleh dukun ILMU HITAM / si penelepon adalah ROH GENTAYANGAN yang mencari MANGSA. Harap dimengerti dan kirim ke teman atau saudara semua”

Abaikan saja SMS ini. Jika perlu replay SMS tersebut nada,

“Ah bercanda loe… mang ilmu hitam butuh hp mo bunuh orang?? heh… heh.. heh..”

Begitu juga dengan kenyataan Profersor-profesor yang katanya dari “WHO” itu. masih di pertanyaakan ekabsahannya.. Adakah itu kenyataan rasmi? masih belum pasti. yang jelas “WHO” (yang bertanda kutip) itu kalau disingkatkan menjadi, “Who” yang mermaksud “Siapa” ?

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

29 Responses to “Telefon Pembunuh: Ternyata hanya Hoax”

RSS Feed for Syaiful Blog Comments RSS Feed

yup..
mank issue2 kek gini bikin resah masyarakat az..😦

totally a hoax… gw dah posting sana sini pokoke its a hoax

betul mas..
q aj bru tau issu ini td sore,trus mlemny q cba2 cri…eee….
cmn omong doang….
mksih uda ad kbnranny….

wallahu ‘alam…!!
yg jelas tu cm aksi
dri segelintir oknum yg g brtnggungjwab aj x

y… kl ad sms merah.. ntu…
gampang, tinggal tambah warna kuning,ma ijo…
waaaah….. REAGGE abbbiz… tuch! OK brouwl…!

^_”

Hoax is bohong lah ya…
hihihihi…

Perangi kebohongan….

Issue sperti ini harus di konpirmasi lebih jelas kepada seluruh masyarakat…
waktu saya tahu kabar seperti ini orang tua saya langsung menolpon saya agar tidak mengaktifkan HP saya dulu… orangtua saya khawatir banget…
Berantas… Basmi… Musnahkan…

Keresahan seperti ini dapat menimbulkan gejala yang kompleks

tapi memang sudah ada korban lho…
gw liat sendiri kok korbannya, sampe2 dokternya gak tau penyebabnya apa….

Kalau andainya gue dapat panggilan layar merah ntar malam… mungkin entry ini akan di revisi ulang oleh roh gue yang gentayangan akibat kematian yang gak wajar…

Hiks.. hiks.. Rileks Andra… tidak bakalan… InsyaAllah…

Teman gue memang pernah terima penelepon layar merah, mula-mula yang muncul adalah 3 biji apel merah setelah diterima kemudian menjadi angka 0666 tapi tak apa-apa karena hpnya tidak punya fungsi infra red.

Kenyataannya memang ada penelepon layar merah tapi bahaya atau tidak masih belum ketemu bukti nyata oleh yang belum mengalami atau melihat langsung.

Penghujung dunia memang demikian, yang penting kita jadi orang baik-baik dan selalu perpikiran lurus saja.

SAYA SETUJU INI CUMA ISU,CUMA SAYA G SETUJU BAHWA FREKUENSI INFRAMERAH TU BERBEDA..
KL QT INGT2 DULU SEBELUM ADA BLUETOOTH HP PROSES DATANYA PAKE INFRA MERAH.MUNGKIN ITU YANG BISA BIKIN PINGSAN DI SAMPING ITU KORBAN YANG JATUH PINGSAN SETELAH DI SELIDIKI PUNYA DARAH RENDAH..MUNGKIN DIA LAGI BOKEK TYUZ DAPAT SMS DARI BANK SURUH LUNASIN UTANGNYA,EH PINGSAN DEH=)(MUNGKIN)

tandanya akhir zaman, banyak orang waras jadi gila..
yang ketangkap di riau masukin aja ke guatanamao…
ternyata gwa juga gila…
gwa harap orang pada tenang..

ada pihak berwenang yang bertanggung jawab atas masalah ini..

ingat anak buah dazal ada dimana-mana.. apa kita termasuk???

gila punya orang…..tak keja tapi cari benda untuk menyusahkan orang……..suka sangat ke tengok orang mati or orang dalam kesusahan……plz lah bangun and stop buat benda2 yang tak feadah ni…….

kenapa orang2 di indonesia suka sangat mengamalkan ilmu hitam,bela setam,mencetus peperangan & mengadakan pembunuhan sesama kaum……….apa benda tu “telepon setam”,”kambing hitam”,”angka setam”(0866,0666)……apa maksud semua tu?????kalau betul lah ini panggilan setam or sapa2 yang jawab panggilan ni akan mati…….and kalau betullah sudah ada orang yang dah “MAMPUS” kenapa berita ni tak keluar di surat khabar or berita………..and yang paling i tak suka baca di SAIFUL BLOG ni…….apa maksud nya “GEREJA SETAM”…………………JAWAB………….

Ya.. kebanyakkan orang di indonesia memang begitu Natalia.

selain ilmu putih, Ilmu hitam memang banyak di indonesia… Putih atau hitam ilmu itu, menurut ajaran Islam, semuanya datang dari Allah. pelaksanaan ilmu itu tergantung cara memakainya… kalau tujuan salah, maka ilmu hitam lah ia… kalau untuk tujuan baik, maka ilmu putih lah ia..

Mengenai mencetus peperangan atau bukan, itu bukan issue yang sedang di saya bicarakan.. dan mengadakan pembunuhan juga bukanlah tujuan berita ini….

Tapi disini saya cuma mengungkap tentang kebenaran isu semasa yang di anggap hanya cerita dari kemulut-kemulut yang lama-lama jadi besar…. dan saya cuba membuktikan itu adalah tidak benar…

“telefon setan” 0866, 0888, itu adalah ungkapan atau angka yang dimaksud atau tajuk isu yang di bicarakan… soal mati atau belum, soal ada yang sudah “MAMPUS” atau belum itu masih menjadi isu dan memang belum ada kenyataan akhbar secara rasmi…

Kalau tentang perkataan “Gereja Setan”, itu bukan ungkapan saya. Tapi ungkapan umum semua orang yang mengetahui isu ini…

Sila baca tag-tag yang ada di beberapa blog ini yang membahas tentang isu ini.

Tentang Gereja Setan, anda bolah baca faktanya disini:
http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Setan

Terima kasih Natalia atas komen dari awak…

emh..penuh informasi..makasih mas saiful..

tahayul……..egp.bodo amatc.

serahkanlah hidup dan matimu
serahkan kepada ALLAH semata
………………………πŸ™‚

thanks sayful. berita ini sudah sampai ke malaysia. atas carian saya terjumpa blog kamu. sungguh berinformasi. sekarang saya sudah kurang risau tentang betul atau tidak berita dari indonesia.

gue mo nanya soalan.. g mn ya kalo hapenya bukan colour screen.. kok nggak ada warna… g mn ya???

xpatutla kalo mcm nie…
npa x di sekat je nombor tu?? xbley ka?
kan skrg zaman teknologi…

tq saiful.informasi dari awak betul2 berguna. mungkin ini merupakan taktik persaingan operator lain mau menjatuhkan Maxis. sebab masih ada perkhidmatan 100minit=Rm1, dari jam 12tgh malam sampai jam 9 pagi. Jadi kalau semua org takut buka hp after jam 10pm, rugi la Maxis…Pasal infrared tu pun betul, radiasi yang berlebihan memang boleh menyebabkan gegendang telinga pecah dan internal bleeding…

Helo kak saiful,skrg dah berapa jumlah kematian yang telah dicatatkan di seluruh negara….jawab…..terima kasih….!!!

@lyana
Color screen atau tidak… tidak bakal berlaku apa-apa… karna semua jenis HP telah di verifikasi oleh FCC dan SAR
baca disini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Federal_Communications_Commission)
dan
http://en.wikipedia.org/wiki/Specific_absorption_rate

@belleallize
Maybe yes… maybe no…πŸ™‚

@natalia
Dibicarakan memang ada… tapi kebenarannya masih tabu… Ikuti saja perkembangan seterusnya melalui berita-berita yang rasmi…

nah lo wa tdi malem liad trans TV dinihari
koq ada anak yg kesurupan biz baca ada videony pula.. udh di pangilin kyai eh kaga bisa…
kerennya lage neh,si korban bisa 3 bahasa yaitu: Arab, Inggris, China en trnyata wktu diterjemahain ma org ahli artinya yah Ngingetin umat manusia kalo suruh ati2 coz dunia udh bkal mengalami bncana besar yg brbhaya.. n yang ngeremehin dapet akibatnya…. O_o”” wa jdi ngeri wktu liad tuh berita!

At last I found the logic explanation about this matter.

Di Malaysia juga kecoh dengan isu ini.
Lega ada orang yang bisa menerangkan situasi yang sebenarnya. Terima kasih ya.. ^_^
Saya akan sebarkan berita gembira ini..

Tim

WAHHH,,,Thanks ya karna suda beritahu cerita yang sebenarnya…..from:MALAYSIAN

semua itu bohooong
oo… ouwo uwoo….
semua itu bohong

oo… ouwo uwoo….

“lagu gigi”

salam kenal broπŸ™‚

terimakasih mas info nya,,,saya sering nrima sms kyk gt


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: